menghubungkan 2 komputer


Menghubungkan 2 komputer ber-wireless pada Windows 7
Tulisan ini akan membahas mengenai bagaimana caranya mengubungkan dua buah komputer atau laptop pada sistem operasi Windows 7. Setelah anda selesai membaca artikel ini dan mempraktekkannya, anda dapat menghubungkan 2 buah komputer Windows 7 tanpa menggunakan kabel atau hub atau router, dan koneksi ini disebut juga dengan  ad hoc wireless network.
Windows 7 - connect two computers wireless
Jika komputer atau laptop anda tidak dilengkapi dengan adapter wireless/wifi, anda bisa membaca artikel di link ini
how to connect two computers directly by using crossover cable, tapi belum saya terjemahkan lain waktu aja kali ya.
OK! langsung saja kita praktekkan. Kita mulai dengan membuat jaringan komputer sederhana pada kedua wireless adapter komputer (tidak diperlukan melakukan konfigurasi gateway dan DNS server):
Computer A:
IP Address: 10.1.1.1
Subnet mask: 255.255.255.0
Gateway:
DNS Servers:
Computer B:
IP Address: 10.1.1.2
Subnet mask: 255.255.255.0
Gateway:
DNS Servers:
Agar dapat menghubungkan ke dua komputer, kita harus melakukan konfigurasi setting wireless ad hoc pada komputer A, sehingga komputer B dapat melakukan koneksi ke wireless tersebut, setelah terhubung kita dapat melakukan sharing printer, dokumen atau bahkan koneksi internet (lakukan enable  internet sharing pada komputer A).
Pada Windows 7 komputer A:
1) Klik Start lalu klik Control Panel.
2) Selanjutnya klik View network status and tasks pada Control Panel window.
view network status and tasks in Windows 7
3) Maka akan muncul tampilan jendela Network and Sharing Center, lakukan klik pada Set up a new connection or network.
set up wireless connection in Windows 7
4) Jendela Set Up a Connection or Network muncul, pilih Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network kemudian klik Next.
set up ad hoc wireless connection Windows 7
5) Anda akan melihat beberapa patah kata keterangan tentang  wireless ad hoc network. Sebagai catatan kedua komputer harus berada dalam jarak maksimal 9 meter agar koneksi berjalan dengan mulus! Lalu klik Next.
wireless ad hoc network explanation
6) Pada bagian ini anda harus mengisi detail tentang koneksi ad hoc network yang akan dibuat.  isi nama network pada Name your network, pilih tipe keamanan pada security type dan ketik kata sandi akses pada bagian security key. Setelah selesai klik Save this network. Kemudian klik Next.
Catatan: meskipun kita dapat memilih No authentication (open), WEP and WPA2-Personal sebagai tipe keamanan, tetapi disarankan untuk menggunakan tipe keamanan WPA2-Personal dikarenakan tipe keamanan yang paling aman.
ad hoc wireless network settings
7) Sebuah jendela muncul yang memberitahukan anda bahwa pembuatan ad hoc wireless network dalam proses. Terakhir jendela ini akan menampilkan detail data tentang pembuatan ad hoc wireless network dengan menampilkan informasi nama dan informasi tipe keamanan, dan informasi yang ditampilkan di sini diperlukan komputer lain untuk terhubung ke jaringan ad hoc ini. dan akhirnya, proses setup selesai. Prikitiew!
Windows 7 - set up an ad hoc network
Catatan: Anda bisa saja kembali ke jendela Network and Sharing Center, dan melakukan klik opsi manage wireless networks untuk melakukan pengelolaan atau perubahana koneksi jaringan ad hoc ini.
Windows 7 - manage wireless networks
8) Ok, kita beralih ke komputer B, cari sinyal koneksi jaringan ad hoc wireless lalu hubungkan.
Windows 7 - connect to ad hoc wireless network
9) Setelah koneksi terbangun, anda akan diingatkan tentang select network location type dan / atau homegroup pada komputer A. kebanyakan pengguna memilih Home network sebagai tipe lokasi network bilamana komputer lain tersebut merupakan komputer yang terpercaya/kita kenali. Jika kita tidak membuat homegroup pun, tak apa lah.
Pada bagian ini, anda seharusnya sudah dapat menghubungkan dua komputer dan melakukan tes ping pada dua komputer yang saling terkoneksi, akhirnya proses bertukar file atau koneksi internet dapat dilakukan.
Related posts:
  1. Cara melakukan mount partisi windows ke dalam ubuntu Linux
  2. Cara Install Windows 7 di Netbook melalui USB Flash Disk
  3. Cara membuat dual boot Linux dan Windows XP (Linux telah terinstal terlebih dahulu)
  4. Menjadikan webcam sebagai sistem keamanan pada Ubuntu
  5. Keuntungan Aplikasi Website

Comments

Popular posts from this blog

Cara mengkoneksikan bluetooth speaker ke handphone

Cara install printer HP Laser Jet P1006 di Windows 7

Perbedaan PHP 5 dan PHP 7