Kisah Semut Dan Belalang Beserta Terjemahan English

kisah semut dan belalang.
Image result for Semut dan belalang
Pada suatu hari ada seekor belalang yang sedang bernyanyi di bawah pohon toge sambil menggunakan gitar, tidak lama datanglah segerombolan semut yang berjalan beriringan melewatinya.
“Kalian mau kemana, sampai berbaris rapih membawa alat-alat?” tanya belalang sambil memainkan gitarnya .
“Mencari makanan, kerena sebentar lagi mau musim hujan, nanti sudah mencari makan jika musim hujan,” jawab pengawal yang menjadi keamanan para semut.
Kegiatan itu berlangsung terus menesus, sampai rumahnya atau gua semut penuh dengan makanan.
Siang berganti malam, begitu juga sebaliknya, akhirnya musim hujan pun tiba. Semut tidak ada yang keluar. Semuanya sedang istirahat dan menikmati makanan yang banyak atau tidak kurang apapun.
Berbeda dengan belalang yang kelaparan, sebab tidak mendapatkan makanan, bagaimana bisa dapat, terbang saja susah dan licin.
Belalang yang sudah sangat lapar merasa khawatir, “bagaimana ini tidak ada makanan, bisa-bisa saya mati di sini,” belalang berbicara di dalam hatinya.
ada juga pikiran di dalam hatinya, untuk menemui semut, minta makanan mereka, tapi di merasa malu.
Karena sudah sangat lapar, diapun memaksakan diri, “Tolong, saya lapar tidak punya makanan, Tolong!” teriak belalang di depan pintu rumah semut.
Saking laparnya, dia tidak kuat, akhirnya pingsa, untung saja ada seekor semut yang melihat dan menggotong bersama yang lain dan memabawanya ke dalam.
Belalang di tolong, diobati, diberi makan, agar segera lekas sembuh dan tidak kelaparan.
Dari gongeng sunda singkat sasatoan dan terjemahannya ini kita belajar, orang yang memupuk ilmu, atau belajar dengan rajin, maka kelak akan mendapatkan manfaatnya.
Tentunya dalam kisah ini, semut dapat merasakan manfaat bahwa dia tidak kelaparan ketika musim hujan, sedangkan belalang yang leha-leha tidak mengumpulkan makanan maka dia kelaparan.
Kenapa semut menolong, karena semut memiliki rasa empati, maka dia pun menolong belalang, begitu kita sesama manusia harus saling menolong.

Terjemahan English :

the story of ants and grasshoppers.
One day there was a grasshopper who was singing under a sprout tree while using a guitar, not long after a bunch of ants came along side by side.
"Where do you want to go, until you line up neatly with the tools?" Asked the grasshopper while playing his guitar.
"Looking for food, because soon to be in the rainy season, we will have to look for food in the rainy season," replied the guard who was the security of the ants.
The activity continued until the menesus, until his house or ant cave was full of food.
The afternoon changes night, and vice versa, finally the rainy season arrives. No ants come out. Everyone is taking a break and enjoying a lot of food or nothing.
Unlike the grasshoppers who are starving, because they don't get food, how to get it, just flying is hard and slippery.
The grasshopper, who was very hungry, was worried, "how come there is no food, I might die here," the locust spoke in his heart.
there was also a thought in his heart, to meet ants, to ask for their food, but to feel embarrassed.
Because he was very hungry, he forced himself, "Please, I'm hungry not having food, please!" Shouted the grasshopper at the door of the ant's house.
I was so hungry, he was not strong, finally pings, fortunately there was an ant who saw and carried along with the others and took it inside.
Grasshoppers were helped, treated, fed, so that they quickly recovered and did not starve.
From the brief Sundanese sasatoan and this translation we study, people who cultivate knowledge, or study diligently, will later get the benefits.

Of course, in this story, the ant can feel the benefit that it does not starve during the rainy season, while the locust who is weary does not gather food so he is starving.

Why ants help, because ants have a sense of empathy, so they help locusts, once we fellow humans must help each other.

Comments

Popular posts from this blog

Cara mengkoneksikan bluetooth speaker ke handphone

Cara install printer HP Laser Jet P1006 di Windows 7